Sabtu, 15 Desember 2012

TIPS MENGHADAPI UJIAN AKHIR


WOW -Menjelang ujian akhir, banyak teman-teman yang mengeluh dengan tugas perkuliahannya. Entah itu karena tugas yang diberikan dosen yang jarang masuk, atau tugas yang sengaja ia tumpuk di akhir perkuliahan. Kultum (Kuliah tujuh menit) waktu itu pun diawali dengan pertanyaan dari saudari saya, “Teteh, bagaimana cara menghadapi UAS, sedangkan menjelang UAS saja saya dihadapkan dengan tugas-tugas yang menumpuk di akhir perkuliahan?!”
Pertanyaan yang wewakili anak-anak asrama pun dijawab oleh pengisi kultum. Berikut tipsnya dan beberapa yang saya tambahkan juga :

1.      Study Hard
Belajar lebih sungguh-sungguh ketika menghadapi ujian. Pahami materi-materi yang sudah disampaikan guru/dosen kepada kita. BHC (Baca Hafal Catat) merupakan salah satu cara jitu untuk kita dapat lebih cepat memahami materi yang telah disampaikan. Membaca materi, kemudian dihafalkan selama beberapa menit. Setelah itu catat kembali materi yang sudah dihafalkan.

2.      Selesaikan tugas
Ketika dihadapkan dengan tugas, maka bersegeralah untuk menyelesaikan tugas tersebut. Pengalaman mengajarkan segalanya, bahwa tugas itu bukan untuk dilihat tumpukannya, tetapi untuk dikerjakan secepatnya. Karena jika ditunda-tunda, bersiaplah dengan perasaan terhimpit dan dikejar-kejar.

3.      Proses yang dicapai
Kebanyakan di benak kita bahwa tujuan dari ujian merupakan hasil yang dapat dicapai. Nilai bagus, IPK tinggi, dsb. Tapi ternyata justru proseslah yang mesti dicapai terlebih dahulu. Mengapa saya katakan demikian? Karena segala sesuatunya berawal dari proses. Bukan hasil. Ingat, jangan pernah terbebani dengan hasil yang akan kita peroleh nanti. Yang terpenting prosesnya dulu yang kita capai semaksimal mungkin, karena tentunya sebuah hasil akan mengikuti nanti. Ikuti dan jalankan sesuai prosedur.

4.      Menjaga Kondisi tubuh dan Asupan makanan
Hal ini dimaknai bahwa ketika dihadapkan dengan ujian akhir, maka seyogyanya menjaga kondisi tubuh merupakan hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Karena ada istilah “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.” Jiwa-jiwa yang siap menghadapi ujian akhir dengan penuh semangat. Yang tak kalah penting ialah menjaga asupan makanan. Ingat, jangan sesekali mengambil risiko yang membahayakan tubuh.

5.      Doa Ibu
Tips yang terakhir ialah meminta doa kepada ibu. Doa ibu itu doa yang paling mustajab. Takkan ada yang sanggup menandingi doa seorang Ibu. Antara Ibu dan langit itu seolah tak ada sekat yang membatasinya. Ingin lulus ujian, kita minta kepada Ibu untuk mendoakan kita. Dan hasilnya lihatlah keajaiban yang akan terjadi.

Mudah-mudahan tips di atas bermanfaat dan dapat kita aplikasikan. Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan di dalam setiap aktivitas kita. Aamiin 

4 komentar:

mangalovers mengatakan...

hho blh jg info'ny, kbtulan q snen uts,...

Susi Siti Sapaah mengatakan...

Baru mulai UTS toh? :)
Semoga diberi kemudahan yo

#Ganbatte :)

mangalovers mengatakan...

yup br uts, amien, mg bs ttp smngat...

Susi Siti Sapaah mengatakan...

Iya :)
semangka Mangalovers..
oh iya, 1 lagi semoga mendapat nilai yang maksimal

Poskan Komentar

Laman

Laman

 
Copyright Jejak-jejak Terekam 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .