Selasa, 31 Desember 2013

Refleksi Akhir Tahun Mengawali Perubahan

http://imnabilacitra.blogspot.com/2013/06/school-in-2014.html

Tidak terasa ya kita sudah berada di penghujung tahun lagi. Berarti sebentar lagi tahun baru 2014 akan tiba. Pada tanggal 1 Januari disepakati semua orang sebagai tahun baru dalam kalender masehi. Pada hari tersebut hampir semua orang bersuka cita merayakan dengan caranya masing-masing. Namun makna dari tahun baru sebenarnya bukanlah untuk satu hari atau satu malam saja, melainkan satu tahun secara keseluruhan. Lantas apa yang sebaiknya kita lakukan untuk memaknai pergantian tahun kali ini? Ada dua hal yang menurut penulis dapat kawan-kawan jejak lakukan.
Pertama, Evaluasi diri. Sudah seyogyanya bagi kita untuk selalu evaluasi diri, terlebih pada penghujung akhir tahun ini. Jika kita yang masih sekolah dan kuliah, barangkali evaluasi ditekankan pada tugas-tugas sekolah maupun kuliahnya. Bagi yang sudah bekerja pun demikian, mengevaluasi setiap pekerjaannya. Apakah tugas-tugas maupun pekerjaan tersebut telah terselesaikan dengan baik atau belum. Jika belum, dimana letak kekurangannya, lantas perbaiki.
Evaluasi pun tidak hanya untuk pekerjaan kita, melainkan evaluasi terhadap hubungan kita dengan orang lain. Apakah selama ini, hubungan antara kita dan keluarga, terjalin baik atau belum. Dan apakah hubungan pertemanan kita sekarang ini semakin baik atau bahkan sebaliknya. Jika belum, maka tugas kita adalah memperbaikinya. Inilah gunannya evaluasi. Dimana evaluasi mengharuskan kita untuk memperbaiki kekurangan maupun kesalahan dan mendorong kita untuk tidak mengulang hal serupa di tahun mendatang.
Kedua, Rencana Satu Tahun. Setelah evaluasi yang kita lakukan, maka langkah perencanaan pun menjadi hal penting untuk kita perhatikan. Mengapa demikian? Dengan perencanaan, maka kita akan terfokus terhadap hal yang akan kita capai di tahun baru. Seperti yang dikatakan Joko Anwar, “If you don’t have plans, you’ll easly go off rails. Once you go off that cliff, I don’t think will be a way back”. Menulis daftar mimpi atau rencana barangkali dapat menjadi langkah awal untuk merealisasikannya. Dengan memvisualisasikan mimpi/rencana, baik di pikiran maupun dengan membuat daftar panjang berisi rencana dan impian-impian kita, kita bisa memotivasi diri sendiri untuk meraihnya. Deal?
Seperti yang pernah dibahas dalam catatan “Resolusi Tahun Baru Islam”, maka hal ini pun harus kita pupuk dan pelihara. Tiada lain adalah visi dan misi yang selalu kita ON-kan. Pada akhirnya, penulis ucapkan selamat tahun baru, semoga dengan semangat tahun baru kita bisa menjadikan tahun baru ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Halaman

Halaman

 
Copyright Jejak-jejak Terekam 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .