Kamis, 14 Februari 2013

Khasiat dan Larangan Tertawa Berlebihan

Setelah sebelumnya kita membahas tentang kepribadian menurut binatang favorit, maka selanjutnya kita akan mengupas tentang khasiat tertawa sebagai salah satu obat bete dan larangan tertawa yang berlebihan. Mari kita kupas hal tersebut secara tuntas, setajam cutter.Hehe...
Penasaran? Pastinya penasaran. Sebelum kita bahas larangannya, akan lebih baik kita pahami sederetan alasan mengapa kamu harus tertawa :
 
  • Saat tertawa, kamu menghirup oksigen lebih banyak sehingga merasa lebih segar. Menurut penelitian, satu menit tertawa sama dengan 10 menit mengayuh sepeda. Berarti tertawa dapat merangsang jantung dan peredaran darah dengan cara yang sempurna. Satu lagi, tertawa adalah satu-satunya aerobik yang bisa dilakukan orang di kursi roda. 
  • Sel pelawan infeksi, sel T, menjadi lebih aktif ketika kamu tertawa. Tertawa meningkatkan sel kekebalan tubuh, seperti imunoglobulin A dan B (imunoglobulin A mempunyai efek perlindungan atas virus, bakteri, dan mikroorganisme lain) 
  • Selain merangsang hormon positif, seperti endorfin, serotonin, dan melatonin, tertawa juga merangsang berbagai bagian otak (bagian depan, tengah, hippotalamus, dan turut mengaktifkan belahan otak kanan yang berhubungan dengan seni, kreativitas, dan intuisi).
  • Tertawa adalah cara terbaik untuk relaksasi otot. Tertawa bisa mengusir kadar hormon penyebab stres, seperti efinefrin dan kortisol. 
  • Tertawa bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dan kadar oksigen dalam darah sehingga meringankan bronkhitis dan asma.
  •  Tertawa baik untuk kamu yang menderita gangguan mental, seperti kecemasan, depresi, dan insomnia. 
  • Tertawa membantu melenturkan otot wajah dan memperbaiki ekspresi wajah. Saat tertawa, wajahmu biasanya menjadi merah merona karena ada pasokan darah (gizi) untuk wajah. Hasilnya kamu nampak awet muda.
  • Tertawa meningkatkan kadar endorfin, peredam rasa sakit dalam tubuh. Endorfin yang keluar saat tertawa juga mengurangi rasa sakit akibat radang sendi atau kejang otot. Tertawa juga meringankan sakit kepala dan migran.

Sahabat-sahabat, ternyata begitu banyak khasiat tertawa. Maka dari itu, yuk kita ingat selalu bahwa dengan tertawa kita dapat menghindari stress, mengurangi sakit kepala dan migran. Tentunya dengan tertawa yang tidak berlebihan, seperti yang akan dikupas pada tulisan berikutnya. Penasaran? Alhamdulillah...


8 komentar:

Unknown mengatakan...

wh byk jg khasiat'ny, trutama obat alami pnghilang stress yg bs mnybbkn brgai mcm pnykit,,
hdup mmg hrs dinikmati&disyukuri jgn djdikn beban... ^_^

Susi Siti Sapaah mengatakan...

Betul sekali kak Irman :)Dengan tertawa memang seperti itu.
Barangkali ada komentar lain mengenai tulisannya? hehe

Unknown mengatakan...

hmm, plig kl ada tiap poin mnfaat trtawa d kasih gmbr karikatur, spr: ada yg lg mengayuh speda, ekspresi wjah, dll, biasny pmbca lebih sk kl mlihat visual/gmbr drpd hnya skdr tulisan

tp scr ksluruhn sdh bgus, pa lg kl mliht pnulis'ny yg tmpak sll trsnyum,:)

Susi Siti Sapaah mengatakan...

Oh iya betul apa yang kak Irman katakan. Kebanyakan orang itu suka baca karena dalam bacaan terdapat gambar yang disisipkan. Postingan selanjutnya mau pake jurus nyisipin gambar ah HEHEHE

Unknown mengatakan...

siip, teruskan berkarya..

Susi Siti Sapaah mengatakan...

Siap kak :)

Anonim mengatakan...

Tapi hati kalo ketwa terus . . ntr di kira orang gila :D

Susi Siti Sapaah mengatakan...

Iya, makannya kenapa ketawa dianjurkan untuk tidak boleh berlebihan, salah satu alasannya itu. Tunggu saja postingan saya selanjutnya ya tentang Larangan tertawa yang berlebihan.

Posting Komentar

Halaman

Halaman

 
Copyright Jejak-jejak Terekam 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .